Gejala, Ciri, Obat dan Cara Mengatasi Angin Duduk

angin duduk

Fenomena Penyakit Angin Duduk

Angin duduk menjadi fenomena yang terkenal di masyarakat kita, dan banyak yang salah dalam mengartikan penyakit ini, mungkin kita berfikir penyakit ini adalah penyakit karena masuk angin, tapi sebenarnya bukan. Berikut cerita dari dokter perusahaan perihal kasus penyakit angin duduk yang terjadi di masyarakat kita.

Ada seorang pasien datang ke rumah sakit berumur sekitar 40-50 tahun. Menurut keluarga yang mengantarkan, beliau terkena angin duduk, senin yang lalu yang bersangkutan masih masuk kerja, saat istirahat beliau izin pulang karena kepalanya pusing.

Sampai dirumah beliau tidur di kamar. Menurut keterangan keluarga malam hari sekitar jan 23.30 beliau terbangun meminta minyak kayu putih, lalu pada pagi hari saat di bangunkan oleh keluarganya beliau sudah meninggal dunia dengan posisi tidur dengan wajah sedikit menahan sakit dan lehernya berwarna kebiruan.

Kejadian diatas adalah karena ketidak tahuan kita perihal penyakit ini, andai saja mereka tahu penanganan dari penyakit ini maka insya ALLAH nyawa yang bersangkutan akan selamat. Lalu apa sebenarnya penyakit angin duduk tersebut?

Apa Itu Penyakit Angin Duduk?

Angin duduk adalah penyakit serangan jantung koroner akut, dan hanya dalam waktu 15 menit sampai 30 menit dari serangan pertama, orang yang terkena serangan tersebut bisa meninggal dunia, padahal penderita sebelumnya terlihat sehat-sehat saja.

Jika anda atau keluarga anda tiba tiba merasa nyeri pada dada, sebaiknya tidak melakukan aktifitas fisik apapun termasuk melakukan hubungan badan. Segeralah pergi ke rumah sakit yang menyediakan fasilitas penaganan gawat darurat untuk jantung.

Ingat..! tidak boleh lebih dari 15 menit sejak serangan nyeri pertama. Karena ini adalah waktu yang kritis dan keadaan orga jantung masih bisa di pertahankan.

Tetapi terkadang penaganan angin duduk ini keliru di lakukan oleh masyarakat kita, biasanya penderita tidak langsung di bawa kerumah sakit melainkan di kerok, di beri minuman air hangat atau di beri obat tolak angin untuk mengeluarkan angin, padahal penderita bisa meninggal dunia tanpa ada tanda tanda sakit.

Gejala Angin Duduk atau Sindrom Jantung Koroner Akut

Beberapa ciri-ciri angin duduk atau gejala jika terkena penyakit angin duduk adalah sebagai berikut:

  1. Muncul keluhan nyeri di tengah dada
  2. Seperti rasa di tekan
  3. Rasa di remas-remas menjalar ke leher, lengan kiri dan kanan, serta ulu hati
  4. Rasa seperti terbakar di sertai dengan sesak nafas dan keluar keringat dingin.
  5. Keluhan nyeri ini bisa merambat ke kedua rahang gigi kanan atau kiri, bahu, serta punggung, lebh spisifik, ada yang di sertai kembung pada ulu hati seperti masuk angin atau maag/

Sumber masalah angin duduk sesunguhnya terletak pada penyempitan pembuluh darah jantung (vasokontriksi), Penyempitan ini di akibatkan oleh 4 hal:

  1. Adanya timbunan lemak (aterosklerasis) dalam pembuluh darah akibat konsumsi kolesterol tinggi.
  2. Karena sumbatan yang di akibaatkan oleh sel darah beku (tromboemboli)
  3. Vasokontriksi atau penyempitan pembuluh darah akibat kejang yang terus menerus
  4. Infeksi pada pembuluh darah

Penyempitan ini terus berlanjut dan mengakibatkan berkurangnya oksigen yang masuk ke dalam jantung. Ketidak seimbangan pasokan dengan kebutuhan oksigen pada tubuh mengakibatkan nyeri dada yang dalam istilah medis di sebut dengan angina.

Tetapi hendaknya di bedakan antara keluhan nyeri pada serangan jantung koroner akut dengan serangan jantung koroner (infark miokard).

pada serangan jantung koroner, angina terjadi akibat sumbatan total pembuluh darah jantung karena aktifitas fisik yang berlebihan. Sementara pada serangan jantung koroner akut, angina terjadi akibat sumbatan tidak total yang di rasakan saat istirahat.

Waspadalah terhadap keluhan angina ini, karena penderita sebelum terserang akan tampak sehat-sehat saja.

Cara Mengatasi Angin Duduk

Satu satunya cara mengatasi penyakit angin duduk atau serangan jantung koroner akut adalah dengan melonggarkan sumbatan yang terjadi, yaitu dengan memberikan obat anti platelet (sel pembeku darah) dan anti koagulan. Atau obat untuk mengantisipasi ketidak seimbangan suplai oksigen dan kebutuhan oksigen, misalnya nitrat, betabloker dan kalsium antagonis.

Ahli jantung dari rumah sakit jantung harapan kita, yaitu dr. Santoso karo karo MPH SPJP menyarankan agar penderita yang sudah tahu bahwa dirinya memiliki gangguan jantung, sebaiknya selalu membawa obat antiplatelet (pengencer darah) kemanapun ia pergi.

Obat antiplatelet yang murah dan gampang di cari adalah ASPIRIN. Obat ini selain bermanfaat untuk pertolongan pertama mengatasi nyeri dan melonggarkan kembali pembuluh darah yang tersumbat oleh thormbosit atau platelet (sel pembeku darah).

Alternatif lain, bisa juga menggunakan obat pil CEDOCARD yang berharga murah, sediakan sekitar 2-6 butir dan selipkan pada dompet agar terbawa kemanapun dia pergi.

Cara Penggunaan Obat Angin Duduk Cedocard

Penggunaan sedocard bukan di telan, tapi di taruh di bawah lidah dan biarkan cedocard mencair, cara kerja sedocard adalah sebagai berikut: Pil ini akan mencair menjadi larutan yang mudah di serap oleh pembuluh darah yang ada di bawah lidah, dan berfungsi untuk untuk melebarkan pembuluh darah di kepala terutama kearah otak, sehingga jika terjadi gangguan jantung, otak tetap mendapat suplai darah dan oksigen yang cukup.

Setelah penanganan awal di lakukan seperti yang kami paparkan di atas, untuk selanjutnya, segera bawa penderita secepatnya ke Unit Gawat Darurat (UGD) untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Ace Maxs Penyembuh Jantung Koroner

Seperti bahasan di atas, bahwa angin duduk adalah sebenarnya serangan jantung koroner akut, dan penyakit ini akan menyerang secara tiba tiba kapanpun waktunya, dan cara yang bijak adalah dengan mengobati penyebab serangan jantung tersebut dengan cara menormalkan atau menyembuhkan penyakit jantung yang di derita.

Salah satu obat herbal jantung yang sudah terbukti keampuhannya adalah ace maxs, karena mengandung antioxidan tinggi juga sebagai pelancar darah ace maxs cocok untuk mengatasi penyakit jantung, tidak itu saja ace maxs juga berfungsi sebagai obat darah tinggi atau hipertensi, obat kolesterol dan juga stroke. Semua penyakit ini akan saling berhubungan karena bersumber dari penyumbatan pembuluh darah karena efek radikal bebas dan gaya hidup tidak sehat.

Untuk informasi yang lebih lengkap tentang ace maxs sebagai obat jantung, dari mulai alasan kenapa ace maxs ampuh dan juga kesaksian sembuh dari penyakit jantung, silahkan anda klik obat jantung herbal.

Demikian artikel kali ini tentang penyakit angin duduk, semoga bermanfaat dan selalu waspada jika kita memang sudah di vonis menderita penyakit jantung.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Angina_pektorisrel

You may also like...

4 Responses

  1. Abdul Kohhar says:

    sangat lengkap dah berguna, tentang angin duduk ni, terima kasih telah berbagi :)

  2. Dian sucheri says:

    tks info nya sangat2 berguna bagi saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>