Gejala Kolesterol Tinggi Penyebab Kematian

Sebelum membahas tentang Gejala kolesterol tinggi dalam darah, sebaiknya anda jawab pertanyaan kami berikut: “Apakah anda tahu kalau kolesterol menjadi penyebab dari kematian mendadak?…”, Jika belum, maka anda beruntung datang ke website ini. Karena kami akan jelaskan bagaimana proses terjadinya kadar kolesterol tinggi dalam darah bisa menyebabkan kematian, dan bagaimana cara mencegahnya agar kolesterol tersebut normal dan anda terhindar dari kematian mendadak.

Apa itu kolesterol

Pertama perlu anda tahu apa itu kolesterol? Kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang unik, berbentuk seperti lilin dan di produksi oleh organ hati, mempunyai kegunaan sebagai komponen penting yang di butuhkan oleh sel tubuh guna memproduksi zat-zat penting lainnya seperti Testosteron, Pra-vitamin D, Estrogen, Progesteron, dll.

Ternyata kolesterol itu baik dan sangat berguna untuk tubuh kita

Tapi jika kadar lemak kolesterol dalam darah ini berlebih, maka akan menyebabkan darah kita mengental. Pengentalan ini terjadi karena darah bercampur dengan lemak yang berlebih tersebut.

gejala kolesterol tinggi dalam darah

Akibat tingginya kolesterol dalam darah

Lalu yang berbahaya adalah karena lemak tersebut akan ikut aliran darah sehingga menyebabkan terganggunya aliran atau peredaran darah dalam tubuh kita dan lemak tersebut akan menempel atau menumpuk pada dinding pembuluh darah,  dan penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah akan menyebabkan menyempitnya pembuluh darah sehingga mengganggu suplai oksigen dalam tubuh.

Akibatnya, kadar oksigen di dalam darah berkurang dan akan timbul gejala-gejala akibat tubuh kekurangan oksigen seperti sakit kepala atau badan menjadi pegal-pegal. Tapi pada umumnya gejala tersebut tidak kita sadari sebagai buah dari kelebihan kolesterol dalam tubuh, karena gejala-gejala tersebut bisa juga disebabkan karena masalah kesehatan lainnya. Sehingga banyak dari kita baru menyadarinya setelah terjadinya serangan jantung atau serangan stroke.

Serangan jantung dan stroke ini jika tidak mendapatkan perawatan awal yang benar maka akibatnya adalah KEMATIAN. Inilah bahayanya kolesterol tinggi dalam darah, sepertinya sepele tapi berbahaya. Sekarang untuk menghindari terjadinya serangan stroke dan jantung perlu kita pahami apa saja tanda atau gejala kolesterol tinggi tersebut?

Gejala Kolesterol Tinggi Dalam Darah

Sebenarnya gejala kolesterol ini sulit untuk di kenali dan kadang tidak menimbulkan tanda sama sekali, tapi secara umum gejala yang akan di alami jika kita memiliki kolesterol tinggi adalah sebagai berikut:

Pegal dan nyeri pada kaki

Pegal atau nyeri pada kaki ini di sebabkan karena tersumbatnya aliran darah karena penumpukan kolesterol pada pembuluh darah atau arteri di kaki. Hal ini akan membuat kaki terasa berat jika di gerakan, tapi jika di diamkan atau di istirahatkan rasa sakit dan pegal akan hilang dan akan timbul jika kembali di gerakan.

Terjadinya Kram pada kaki di malam hari

Ketika tidur di malam hari orang-orang yang mempunyai kolesterol tinggi biasanya akan merasakan kram pada kaki bagian tumit, jemari kaki atau kaki bagian bawah. Rasa sakit ini akan hilang jika posisi kaki lebih tinggi dari badan, jadi jika kaki anda keram di malam hari angkatlah kaki anda dengan menyandarkan kaki ke dinding untuk beberapa menit sampai rasa keram hilang.

Perubahan pada kuku

Perubahan yang terjadi adalah kuku menebal dan pertumbuhan kuku melambat setelah di potong, hal ini terjadi karena kuku kurang mendapat pasokan darah yang akibat aliran darah terganggu.

Perubahan pada warna kulit

Jika dokter mendapati pasien yang menceritakan perihal gejala kolesterol tinggi, maka dokter akan memastikanya dengan cara mengangkat dan menggantung kaki di atas meja atau bangku. Setelah di angkat kulit kaki akan berwarna putih pucat karena aliran darah terganggu, setelah beberapa lama akan terjadi perubahan warna kaki menjadi kemerahan atau keunguan sebab pembuluh darah mengalami pelebaran dan darah mulai mengalir ke kaki.

Kaki menjadi dingin

Dingin pada kaki penderita kolesterol tinggi hanya terjadi pada satu bagian saja, hal ini terjadi karena jumlah lipid dalam darah terlalu banyak jadi bukan dingin karena paparan suhu ruangan. Jika anda mengalami dingin pada salah satu bagian kaki, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memastikannya.

Jika terjadi luka maka proses penyembuhannya lambat

Hal ini terjadi karena aliran darah yang membawa nutrisi berjalan dengan lambat sehingga luka tidak mendapatkan cukup nutrisi sehingga penyembuhan luka akan lama.

Baal atau mati rasa

Sama seperti gejala di atas hal ini terjadi karena kurangnya pasokan darah pada tubuh, pernah ada wanita yang mempunyai keluhan jari tangannya mengalami baal, dan dia beranggapan itu adalah gejala asam urat, tapi setelah periksa ke dokter ternyata di sebabkan oleh kolesterol tinggi.

BAB encer atau diare

Pada suatu keadaan atau kondisi di mana saat tubuh tidak mampu melakukan metabolisme lemak dengan sempurna, maka akan berpotensi menimbulkan masalah pada sistem pencernaan dan penyerapan, sehingga salah satu efeknya adalah diare.

Tubuh menjdai lesu dan disertai migrain

Tubuh lesu karena metabolisme lemak terganngu yang menyebabkan sistem pencernaan tidak normal, hal ini akan menjadikan penumpukan  makanan pada saluran cerna dan otak akan merespon keadaan ini bahwa anda dalam keadaan kenyang sehingga tidak nafsu makan, dan anda tidak makan sedangkan tubuh memerlukan nutrisi sehingga terjadi lesu dan juga sakit kepala sebelah.

Terganngunya otak, mudah emosi dan penurunan daya ingat

Otak merupakan bagian tubuh manusia yang menjadi tempat penyimpanan kolesterol terbanyak, yaitu sekitar 25%. Oleh karena itu, tidak optimalnya proses metabolisme pada lemak akan membuat produksi kolesterol darah terganggu. Jika kadar kolesterol (LDL) lebih tinggi dari kolesterol (HDL), maka otak akan menerima efek seperti berkurangnya daya ingat, mudah emosi, dan bisa memicu penyakit alzeimer beserta penyakit gangguan otak lainnya.

Perut terasa kembung

Masalah pada metaolisme lemak dan pencernaan akan berakibat pada terhambatnya kelebihan gas pada saluran usus yang mengarah ke perut, hai inilah yang menyebabkan perut kembung.

Jantung berdebar dan terasa sakit

Hal ini terjadi karena aliran darah melambat akibat tercampurnya banyak lemak di dalam darah, sehingga akan memicu jantung untuk memompa lebih kuat lagi. Karena kerja jantung lebih berat maka terjadilah jantung berdebar atau palpitasi dan di sertai rasa sakit pada dada.

Timbulnya benjolan pada beberapa bagian tubuh

Hal ini terjadi karena penumpukan lemak sehingga menjadi benjolan yang terletak antara otot dan kulit, dalam istilah kedokteran di sebut lipoma. Lipoma ini biasanya akan muncul di daerah leher, tangan, kaki dan perut, benjolan ini mempunyai diameter sekitar 1 inchi.

Pemeriksaan kadar Kolesterol Penting Di Lakukan

alat untuk cek kadar kolesterol

alat untuk cek kadar kolesterol

Seperti kami tuliskan di awal bahwa gejala dari tingginya kolesterol dalam darah kadang tidak menimbulkan gejala sama sekali, dan untuk mengetahui apakah kita memiliki kolesterol tinggi atau tidak jalan satu satunya adalah dengan pemeriksaan darah baik melalui laboratorium maupun menggunakan alat sendiri. Alat untuk cek kolesterol  seperti gambar di atas bisa anda dapatkan di apotek terdekat berharga antara 200.000 sampai 300.000 rupiah.

Berapakah kadar kolesterol normal dalam tubuh? Nilai kadar kholesterol yang normal adalah sebagai berikut:

Lebih kecil dari 150 mg/dl = bagus
Berada di kisaran 150-199 mg/dl = normal
Berada di kisaran 200-499 mg/dl = tinggi
Berada di kisaran 500 mg/dl = sangat tinggi

Setelah mengetahui kadar kolesterol dalam darah kita, lalu langkah apa yang harus kita lakukan?

Jika kadar kolesterol dalam tubuh kita tinggi, tentu kita harus segera menurunkannya dalam keadaan normal, dan dalam usaha menurunkan kadar kolesterol tersebut sebisa mungkin kita menggunakan obat-obatan yang alami herbal, karena obat herbal sudah terbukti khasiatnya dan aman tanpa efek samping, jika kita menggunakan obat sintetis (kimia) maka seakan-akan kita di persiapkan untuk menerima penyakit lainnya, yang kadang lebih berbahaya dari penyakit yang di derita saat ini.

Obat kimia sintetis untuk kolesterol terbagi ke dalam 3 golongan, dan berikut kerugian jika kita menggunakan ke 3 jenis obat tersebut:

  1. Golongan atau jenis obat statin dapat menimbulkan kerusakan hati dan gangguan otot seperti nyeri dan peradangan.
  2. Golongan inhibitor absorpsi kolesterol selektif dapat menimbulkan ruam, pankreatitis, dan alergi.
  3. Golongan nikotinat dapat menimbulkan kelainan hati.

Lalu bagaimana cara menurunkan kolesterol yang aman dan terbukti ampuh?

obat kolesterol jamkho

obat kolesterol jamkho

Gunakan obat kolesterol JAMKHO, inilah obat penurun kolesterol yang sudah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi hanya dalam hitungan jam saja dan yang lebih penting lagi adalah aman tanpa efek samping, untuk mengetahui apa itu JAMKHO, keunggulan JAMKHO, Kesaksian turun kolesterol hanya dalam waktu 1 jam, berapa harga JAMKHO dan bagaimana cara mendapatkan JAMKHO, silahkan anda baca artikel kami dengan cara klik Obat Herbal Kolesterol.

Demikian artikel info kesehatan terkini, semoga bermanfaat dan sekali lagi kami ingatkan untuk segera menurunkan kadar kolesterol dalam darah jika kadar kolesterol anda di atas normal, agar terhindar dari serangan penyakit jantung dan stroke yang merupakan penyebab kematian.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>