Makanan Pantangan Asam Urat

Mau tahu apa saja makanan pantangan asam urat, penyakit ini memang sangat menyiksa, baik dari segi rasa sakitnya yang luar biasa juga untuk orang yang doyan makan, karena makanan yang lezat lezat masuk dalam daftar pantangan penyakit asam urat ini. Tapi kalau anda menyadari hakekat dari hidup di dunia ini, insya a ALLAH rasa sakit dan pantangan apapun akan mudah untuk dilalui. Sebelum kami sajikan tulisan tentang pantangan bagi penderita penyakit asam urat, akan kami tuliskan terlebih dahulu, sedikit mengenai hakekat hidup dan sakit yang kita alami.

Hidup Di Dunia Hanya Sementara

makanan pantangan asam urat

hanya animasi gambaran surga dan neraka

Maaf sebelumnya, karena saya muslim maka saya akan menuliskan pandangan saya sebagai seorang muslim, untuk yang non muslim di lewat saja dan bisa langsung membaca di bawah intermezo ini tentang pantangan untuk asam urat, atau kalau anda mau membacanya di persilahkan untuk membaca intermezo ini.

Hidup di dunia ini hanya sementara, mungkin akan ada yang menjawab, “yaiyalah hidup di dunia mah sementara, tapi kan butuh juga kali yang namanya hidup senang”, ya itu yang akan kami ulas, bagaimana hidup senang di dunia yang sementara ini.

Pernahkah anda bayangkan kematian, bagaimana keadaan kita setelah kematian, apakah kita akan selamat dengan kenikmatan yang ALLAH SWT janjikan, ataukah kita termasuk orang yang sengsara karena banyaknya maksiat yang kita lakukan. Jika kita merenung, alangkah cepatnya hidup di dunia ini, masalah apapun atau nikmat apapun akan berlalu dengan cepat, rasa yang kita alami hanya sementara saja.

Lalu apa yang bisa kita ambil pelajaran dari singkatnya hidup kita di dunia ini?, jangan tertipu dengan gemerlapnya dunia, raihlah akherat, karena kehidupan akherat adalah kekal abadi. Apakah maksudnya kita harus meninggalkan dunia ini dan hanya mengejar akherat saja?, bukan seperti itu.

Jelas bahwa hidup kita di dunia ini adalah gerbang menuju akherat, dan amalan kita di dunia ini yang menentukan kemana kita akan masuk, ke surga atau ke neraka, kita boleh mencari dunia sebanyak banyaknya dan di anjurkan bagi muslim untuk menjadi kaya, tapi ingat, jangan kita mencintai kekayaan kita melebihi akherat, jika hal ini terjadi maka kekayaan anda akan membawa kita ke jalan yang salah.

Keawajiban agama akan di tinggalkan demi meraih dunia adalah hal yang bodoh, hal yang saat ini banyak terjadi di indonesia adalah, masjid sepi dari jamaah shalat, baik subuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya, saat berkumandang adzan banyak saudara kita tidak menghiraukannya, mereka asik dengan kegiatan mencari dunia yang fana ini. Padahal untuk menunaikan shalat berjamaah di masjid hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit, dan itu lebih baik daripada dunia beserta isinya.

Jika fikiran kita sudah condong ke akherat, maka kita akan menjadi orang yang sangat tenang, santai dan tidak di repotkan dengan banyaknya keinginan , banyaknya kekecewaan dan banyaknya masalah. Kok bisa?

Karena orang yang cenderung memilih akherat adalah orang yang yakin akan janji ALLAH SWT dan semua ketetapan ALLAH SWT, orang seperti ini mempunyai keyakinan semua terjadi atas kehendak ALLAH SWT, sakit dari ALLAH SWT, sembuhpun ALLAH SWT yang menyembuhkan, masalah datang dari ALLAH SWT untuk mengingatkan atau mengujinya, kita berusaha mencari jalan masalah tersebut semampu kita dan hasilnya ALLAH SWT juga yang menentukan.

Jika dia sakit maka akan bersabar karena ada sabda dari nabi MUHAMMAD SAW  yang mahfumnya: “Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya” (HR. Bukhari no. 5660 dan Muslim no. 2571).

sakit paling parah dan menyiksa kita paling lamapun hanya seumur hidup kita di dunia ini saja (jika umur kita sampai 60 th, maka sakit kitapun hanya selama 60 th saja) dan sangat jarang orang yang menderita sakit sedemikian parah seperti itu, nabi AYUB AS pun tidak seumur hidupnya sakit.

Kesimpulan cara untuk menikmati sakit dan kesusahan yang menimpa kita adalah:

“Tanamkan dalam fikiran kita, akherat lebih utama dari dunia ini. Sakit, masalah, kesusahan, kesengsaraan dan semuannya yang tidak nyaman pada diri kita hanya sementara saja, sebentar saja semua itu akan berlalu, dengan bersabar maka pahala dan gugurnya dosa adalah bonus yang sangat besar, rasakan sakit dan ketidaknyamanan dengan mengharap pahala dari ALLAH SWT, niscaya rasa sakit dan ketidak nyamanan yang kita alami akan tidak terasa dan akan segera berlalu”

Semoga kita bisa menjadi muslim yang taat dan selalu memikirkan kematian dan akherat sehingga di mudahkan membaca kalimat tauhid saat sakaratul maut. AAAMIIIN..

Makanan Pantangan Asam Urat Yang Perlu Anda Tahu

pantangan bagi penderita asam uratKembali ke topik artikel, yaitu makanan pantangan untuk penderita asam urat tinggi, berikut ini makanan yang perlu di hindari oleh anda jika menderita asam urat tinggi (gout)

  1. Jeroan seperti babat, usus, hati, paru dan otak, makanan ini di luar negri akan di buang dan tidak di konsumsi, tapi kalau di indonesia menjadi makanan favorit, tapi sayangnya ini salah satu pantangan bagi anda penderita asam urat.
  2. Seafood, udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden ini makanan yang juga sebagai favorit, di tandai dengan banyaknya kafe atau tenda yang menjual seafood ini.
  3. Daging yang di olah menjadi abon dan dendeng, makanan khas indonesia yang harus di hindari.
  4. Daging dagingan seperti daging kambing, daging sapi, daging kuda
    Bdaging bebek, daging angsa dan daging kalkun.
  5. Makanan dalam kemasan kaleng seperti kornet sapi, sarden dll.
  6. Kacang, kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
  7. Sayuran, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya dan kangkung
  8. Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental.
  9. Buah-buahan tertentu seperti misalnya durian, nanas, nagka.
  10. Makanan yang digoreng atau bersantan dan dimasak menggunakan margarin juga makanan yang kaya akan protein dan lemak.

Semua makanan di atas menjadi makanan yang wajib di pantangoleh penderita asam urat karena mempunyai kandungan purin yang tinggi, seperti kita ketahui penyakit asam urat adalah akibat dari metabolisme zat purin yang akan menyebabkan penumpukan kristal asam urat pada persendian, dan intinya adalah penderita asam urat harus menghindari mengkonsumsi makanan dengan zat purin tinggi, di bawah ini kami buatkan tabel makanan apa saja yang mempunyai kandungan zat purin tinggi.

Makanan Yang Mempunyai Zat Purin Tinggi Penyebab Asam Urat

makanan Asam urat (mg/100g)
Teobromin (kafein cokelat) 2300
Limpa kambing 773
Hati sapi 554
Ikan sarden 480
Jamur kuping 448
Limpa sapi 444
Daun melinjo 366
Paru-paru sapi 339
Kangkung dan bayam 290
Ginjal sapi 269
Jantung sapi 256
Hati ayam 243
Jantung kambing 241
Ikan teri 239
Udang 234
Biji melinjo (emping) 222
Daging kuda 200
Kedelai & kacang-kacangan 190
Dada ayam dg kulit 175
Daging ayam 169
Daging angsa 165
Lidah sapi 160
Ikan Kakap 160
Tempe 141
Daging bebek 138
Kerang 136
Udang Lobster 118
Tahu 108

Daftar makanan di atas juga patut juga di hindari oleh penderita kolesterol tinggi juga rematik, memang penyakit asam urat, rematik dan kolesterol tinggi biasanya satu paket, dan jika tidak di atasi dengan benar maka akan berpotensi terjadinya batu ginjal, jadi jangan anda sentuh makanan tersebut di atas dan beralih memakan makanan yang sehat untuk penderita asam urat.

Seperti yang kami tulis di atas, sakit hanya sementara, apalagi hanya menahan untuk tidak memakan makanan kesukaan, kan masih banyak juga makanan sehat yang aman untuk penderita asam urat sebagai gantinya.

Demikian artikel kami, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita guna mengarungi kehidupan dunia yang sementara ini, tetaplah ingat kematian, karena orang yang mengingat kematian adalah orang yang cerdas, sesuai dengan sabda nabi kita:

““Orang yang paling banyak mengingat mati dan paling baik persiapannya untuk kehidupan setelah mati. Mereka itulah orang-orang yang cerdas.” (HR. Ibnu Majah no. 4259, dihasankan Asy-Syaikh Al-Albani t dalam Ash-Shahihah no. 1384)
Al-Imam Al-Qurthubi t berkata, “Ad-Daqqaq berkata, ‘Siapa yang banyak mengingat mati, ia akan dimuliakan dengan tiga perkara: bersegera untuk bertaubat, hati merasa cukup, dan giat/semangat dalam beribadah. Sebaliknya, siapa yang melupakan mati ia akan dihukum dengan tiga perkara: menunda taubat, tidak ridha dengan perasaan cukup dan malas dalam beribadah. Maka berpikirlah, wahai orang yang tertipu, yang merasa tidak akan dijemput kematian, tidak akan merasa sekaratnya, kepayahan, dan kepahitannya. Cukuplah kematian sebagai pengetuk hati, membuat mata menangis, memupus kelezatan dan menuntaskan angan-angan. Apakah engkau, wahai anak Adam, mau memikirkan dan membayangkan datangnya hari kematianmu dan perpindahanmu dari tempat hidupmu yang sekarang?” (At-Tadzkirah, hal. 9)

*Artikel ini sebenarnya admin tulis tentang pantangan makanan asam urat yang memang sangat banyak sekali penderita asam urat yang tidak mengetahuinya, sehingga makanan apa saja yang menjadi pemicu dari naiknya asam urat mereka makan tanpa memikirkan akibatnya, tapi di samping itu admin juga prihatin dengan keadaan kita sebagai muslim yang sudah semakin jauh dar sunah nabi MUHAMMAD SAW dan mudah mudahan dengan sisipan sedikit tentang pentingnya hidup akherat bisa merubah saya selaku admin yang menulis artikel ini dan mudah mudahan bisa merubah semua yang membaca artikel saya ini menjadi pribadi yang cinta akan sunah nabi dan merindukan akherat. AAAMIIIN…

You may also like...

2 Responses

  1. Meri says:

    Subhanallah, intermezonya sangat mantap, mudah mudahan saya bisa mengamalkannya, dan semoga bapak di beri kesehatan dan kemenangan di dunia dan akherat, aamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>