Makanan Untuk Penderita Diabetes

Banyak sekali yang bertannya tentang makanan untuk penderita diabetes melitus yang aman, karena kebanyakan dari penderita penyakit kencing manis di haruskan untuk mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung banyak gula dan karbohidrat, karena karbohidrat adalah kebutuhan manusia untuk di ubah menjadi tenaga, maka banyak pertannyaan apa makanan penderita diabetes yang aman tapi tetap memenuhi kebutuhan kita sebagai manusia normal yang aktif beraktifitas, berikut kami tuliskan tentang makanan diabetes.

Makanan Untuk Penderita Diabetes Yang Baik

makanan untuk penderita diabetes melitusSeperti sudah kami singgung pada paragraf pertama perihal makanan yang sehat untuk penderita diabetes adalah makanan yang rendah gula dan karbohidrat lalu makanan apa saja yang bisa menggantikan peran karbohidrat sebagai asupan tenaga atau energi pada tubuh kita, padahal penderita DM juga banyak beraktifitas dan tentu dengan aktifitas itu kita membutuhkan energi.

Mengganti sumber karbohidrat yang kita konsumsi saat ini

Karbohidrat itu terbagi 2

  1. karbohidrat sederhana.  ‘ini yang biasa kita gunakan, yang terdapat pada nasi putih dan roti”, untuk jenis karbohidrat ini pelepasan gula kedalam darah akan secara langsung, sehingga lonjakan gula darah akan segera terasa.
  2. Karbohidrat Komplek, Inilah sumber tenaga yang baik untuk penderita DM, karena karbohidrat kompleks ini akan diserap tubuh setelah proses pencernaan berkali kali, karena prosesnya yang komplek untuk dapat di serap tubuh, maka jenis ini akan cenderung menghambat pelepasan gula ke dalam aliran darah kita, jadi tidak akan ada lonjakan kadar gula darah secara cepat atau tiba tiba.

Ok, lalu karbohidrat jenis ini bisa kita dapatkan pada makanan apa?, berikut kami tuliskan daftar pengganti dari makanan yang dilarang untuk penderita diabetes.

Makanan yang baik untuk penderita diabetes pengganti nasi putih dan roti tawar yang biasa kita konsumsi

Beras Merah

Ini dia makanan yang sudah populer di kalangan penderita penyakit kencing manis, kandungan dari beras merah ini, selain mengandung karbohidrat kompleks, juga kaya akan serat yang berguna juga untuk menjaga gula darah agar tetap stabil, juga ada kandungan protein dan vitamin B yang tinggi, sangat cocok untuk penderita diabetes.

Beras Hitam

Apakah anda baru mengetahui tentang varian beras yang satu ini? ya, memang sebenarnya beras ini sama saja dengan beras putih yang biasa kita konsumsi, tapi beras hitam tidak di proses seperti beras putih, kalau beras putih biasanya di giling berkali kali sehingga kandungan nutrisinya jauh berkurang, sedangkan beras hitam tidak memerluka penggilingan yang berkali kali, sehingga kandungan nutrisinya masih terjaga dan baik untuk menjaga kestabilan gula darah.

“Itu sih ketan hitam”, bukan, kalu ketan hitam mempunyai rasa yang berbeda dan setelah di masak akan lengket, kalau ini rasa seperti nasi dan tidak lengket.

Beras Coklat

Apa lagi ini, kok ada juga beras coklat, jenis beras ini sama saja dengan beras putih dan hitam tapi tidak melalui proses penggilingan, ada juga yang menyebutnya sebagai beras pecah kulit, warnanya coklat berbeda dengan beras putih dan hitam, dengan kandungan nutrisi yang tinggi juga karbohidrat kompleknya jenis beras ini akan menghambat melonjaknya kadar gula darah dan menghasilkan tenaga atau energi bagi penderita DM.

Gandum Dan Roti Gandum

Inilah makanan selain beras yang mengandung karbohidrat komplek tinggi, mungkin kita tidak terbiasa mengkonsumsi bahan makanan pokok ini, karena rasanya yang hambar, tapi jika kita berharap gula darah tidak naik, maka membiasakan mengganti beras putih dengan gandum adalah jalan terbaik bagi penderita diabetes.

Selain kandungan karbohidrat komplexs, gandum ini juga kaya akan serat dan protein nabati yang tinggi, fungsi dari protein nabati adalah sebagai pengganti dari protein hewani yang biasanya mengandung lemak, seperti kita ketahui kerugian jika kita mengkonsumsi lemak berlebih, terkena resiko penyakit jantung, dan yang paling tidak di inginkan adalah lemak ini akan menyebabkan ketidak seimbangan hormon, inilah faktor resiko tinggi seseorang terkena penyakit diabetes melitus.

Jika anda biasa sarapan dengan roti tawar, coba beralih ke roti gandum, selain rasanya yang tidak jauh beda manfaatnya untuk penderita diabetes sangat besar.

Di atas adalah makanan pokok untuk orang yang sakit diabetes, lalu makanan apa lagi selain makanan pokok yang yang boleh di konsumsi penderita diabetes?

Makanan yang boleh di makan penderita diabetes

Sayuran berdaun hijau

Bayam, kale, selada dan masih banyak lagi jenis sayuran berdaun hijau yang sangat baik sebagai makanan khusus penderita diabetes, alasannya adalah, selain kaya serat, sayuran hijau juga rendah karbohidrat, rendah kalori, dan kaya akan antioksidant, ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa penyakit kronis bisa di atasi dengan anti oxsidant.

Dark Chocolate

Choklat ini mengandung anti oksidan tinggi, mampu membuat sensifitas insulin meningkat, makanya choklat ini sering di gunakan untuk resep makanan untuk penderita diabetes, dalam bentuk bolu, brownis dan lain lain.

Minyak Zaitun

Inilah minyak yang kita kenal sebagai minyak negri arab, mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi untuk mengatasi penyakit jantung dan kolesterol, mengandung anti oksidant, gunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega, dan makanan lain yang anda sukai.

Kacang Almond

Kacang yang di dapat dari pohon ini adalah sumber untuk magnesium dan lemak monounsaturated, yang berguna untuk mengatur metabolisme karbohidrat. Kacang almond, akan membantu menurunkan kesempatan mengembangkan diabetes tipe 2 sebesar lebih dari 30% berdasarkan Penelitian yang di lakukan untuk orang yang diet magnesium.

Ubi Jalar

Mengandung anthocyanin, antioksidant mampu mencegah penyakit jantung koroner dan juga kanker yang mana kedua penyakit ini merupakan faktor resiko penderita diabetes.Ubi jalar juga bisa mengurangi kadar A1C hingga 0.5% di bandingkan dengan kentang.

Buah Blueberry

Buah ini di ketahui mengandung anti oksidant tinggi yang bisa menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2 sebanyak 20% lebih.

Ikan Salmon, Makarel dan Haring

Mengandung omega 3 yang akan menghambat penyerapan karbohidrat adalah salah satu alasan makanan ini bagus untuk penderita diabetes.

Kulit Dan Buah Manggis

Sudah sangat terkenal karena sangat tingginya kandungan antioksidant yang berbama xanthone, dengan mengkonsumsi kulit manggis serta buahnya sudah terbukti mampu mengatasi penyakit diabetes, memperbaiki kerja pankreas yang menghasilkan zat insulin guna mengubah gula menjadi tenaga, dan sekarang ada dalam bentuk ekstrak bernama ACE MAXS, inilah minuman premium bagi penderita diabetes melitus.

Jenis makanan diabetes di atas adalah hanya sebagian kecil saja, dan sebenarnya masih banyak lai jenis makanan yang aman untuk para penderita diabetes.

Penting juga untuk di ingat bahwa diet penderita diabetes harus selalu di laksanakan, yaitu tidak berlebih mengkonsumsi makanan, selalu lakukan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih dan hindari stress, dengan menerapkan pola hidup sehat insya ALLAH anda akan terhindar dari penyakit diabetes.

Jika anda sudah terlanjur menderita diabetes gunakan obat alami yang sudah terjamin keampuhannya untuk mengatasi diabetes, salah satu obat herbal untuk diabetes adalah ACE MAXS, perpaduan antara kulit manggis dan daun sirsak.

Demikian artikel kami, semoga menambah wawasan anda tentang makanan untuk penderita diabetes yang aman dan baik di konsumsi untuk menu makanan penderita diabtes yang mencukupi kebutuhan energi sehingga penderita kencing manis bisa beraktifitas seperti biasa.

You may also like...

1 Response

  1. May 11, 2015

    […] Silahkan baca juga: makanan untuk penderita diabetes […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>