Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

Penyebab diabetes melitus | Banyak yang mengatakan bahwa penyakit diabetes itu di sebabkan oleh keturunan, apakah ini benar atau hanya mitos saja?. Penyebab resiko seseorang terkena penyakit diabetes memang banyak atau lebih besar jika kita punya keluarga yang juga mempunyai penyakit diabetes, Tapi bukan berarti tidak bisa menyerang seseorang yang tidak punya keluarga penderita diabetes, kemungkinan besar bisa menyerang jika salah dalam pemilihan pemanis atau gula untuk di konsumsi. Apa penyebab diabetes yang utama?

Pemilihan pemanis atau gula ternyata mempunyai pengaruh yang besar terhadap resiko seseorang terserang penyakit diabetes, dibawah ini AceMaxsKu akan tulis perbedaan jenis gula yang sering kita konsumsi dan hubungannya dengan penyebab penyakit diabetes mellitus.

Penyebab Diabetes Melitus Yang Utama Adalah Gula

penyebab diabetes melitus

penyebab penyakit diabetes yang utama

Perbedaan Gula Pasir, Gula Batu dan Gula Merah

Pemanis gula adalah bahan yang paling banyak di gunakan oleh kita sebagai pemanis minuman maupun makanan dan sangat di suka oleh semua kalangan, biasannya gula akan di campurkan ke dalam makanan atau minuman,dan jarang bahkan tidak ada orang yang memakan gula secara langsung.

Di masyarakat kita ada tiga jenis gula yang terkenal , yaitu gula pasir, gula batu dan gula merah, tapi, meskipun ke tiga jenis gula tersebut sama sama mempunyai rasa manis, ternyata mempunyai dampak yang berbeda terhadap tubuh, khususnya pankreas yang akan mengubah gula menjadi energy atau tenaga.

Dampak penggunaan gula terhadap pankreas

GULA PASIR

Untuk mengubah gula pasir menjadi gula darah hanya di butuhkan waktu 3 menit, tapi untuk mengubah gula darah menjadi energy dan akan di simpan dalam otot, pankreas membutuhkan waktu sekitar 140 menit. Mengapa proses pembentukan energinya sangat lama?

Hal ini di sebabkan karena proses pembuatan gula pasir yang di panaskan sampai 400 derajat celcius, ini ada hubungannya dengan semakin tinggi proses pemanasan makanan maka makanan tersebut akan semakin sulit untuk di cerna.

Dalam satu hari pankreas yang normal hanya mampu Mengubah 5 Gr (½ Sdk Mkn) Gula Pasir Menjadi Energi, lalu bagaimana jika kita Mengkonsumsi Lebih dari ½ Sdk Mkn Gula Pasir…???

Sisa Gula Pasir yang Tidak bisa diproses oleh Pankreas Akan Tertimbun Dalam Tubuh MENJADI “Gula Darah dan LEMAK”, Lama-kelamaan Tubuh kita akan ter-Kena Penyakit DIABETES, Jadi… Apakah kita masih tertarik Untuk meng-Konsumsi Gula Pasir Sesukanya/ Seenaknya…??? inilah penyebab diabetes mellitus yang sering di abaikan, entah karena kurangnya pengetahuan atau karena memang tidak peduli dengan kesehatan.

GULA BATU

Gula batu adalah gula yang mempunyai bentuk seperti Batu (bening/putih & mirip dengan es batu) Proses Pembuatannya hampir sama dengan gula pasir, namun suhu yang diperlukan untuk memprosesnya “tidak setinggi” seperti pada proses pembuatan gula pasir.

Dalam 1 Hari pankreas yang Normal MAMPU meng-UBAH 60 Gr (sekitar 6 Sdk Mkn) Gula Batu men-JADI Energi, dengan demikian gula batu tergolong LEBIH SEHAT Dibanding Gula Pasir. Bijak juga dalam penggunaan gula batu karena walau bagaimanapun tetap saja jenis gula ini adalah penyebab sakit diabetes melitus.

GULA MERAH

Dikenal juga dengan nama GULA JAWA, jenis gula ini adalah Gula yang Dibuat Dari Bunga pohon Kelapa/Aren, biasanya lebih Sering digunakan Untuk Bumbu Dapur.

Dalam 1 Hari pankreas yang Normal/ Sehat Mampu meng-UBAH 90 Gr (sekitar 9 Sdk Mkn) Gula Merah men-JADI ENERGI.

JADI Jika Dibandingkan GULA MERAH adalah Gula yang PALING SEHAT dibanding Gula Pasir dan Gula Batu, AGAR PANKREAS Anda TIDAK ke-LELAH-an dan tetap SEHAT, Sebaiknya kita MENGURANGI KONSUMSI GULA, baik itu Gula Merah, Gula Batu terlebih lagi Gula Pasir.

PANKREAS mempunyai BATAS KEMAMPUAN Untuk Mengubah Gula menjadi Energi…
dan… BILA PANKREAS Sudah TIDAK MAMPU Melaksanakan Fungsinya…
Maka Tubuh akan Dapat Terkena Penyakit Diabetes…inilah penyebab utama diabetes melitus.

Wallahu alam

Silahkan baca juga: makanan untuk penderita diabetes

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>