Puasa Untuk Penderita Maag

puasa bagi penderita maagPuasa untuk penderita maag | Sakit maag atau sering juga disebut sebagai gastritis adalah suatu proses peradangan atau inflamasi pada lapisan dinding lambung. Jika terjadi komplikasi maag, maka dapat menyebabkan luka pada lambung yang biasa disebut Ulkus Gaster. Penyebab ulkus gaster disebabkan karena ketidakseimbangan antara produksi asam lambung dengan mekanisme pertahanan dinding lambung.

Beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan peningkatan asam lambung yang akhirnya terjadi sakit maag ketika kita berpuasa, diantaranya adalah: langsung tidur setelah makan sahur, setelah berbuka puasa langsung merokok atau menyantap makanan saat berbuka dengan porsi yang banyak.

Apabila terjadi sakit maag, maka akan menimbulkan beberapa gejala sakit maag, seperti perasaan tidak nyaman pada perut sebelah kiri, terasa mual, perut kembung, muntah, perasaan penuh dan sesak serta terkadang sakit perut.

Jika anda menderita maag usahakan jika buka puasa makan dalam jumlah sedikit tapi sering, jangan makan langsung makanan yang berat dalam jumlah banyak. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang ringan terlebih dahulu saat berbuka puasa.

Hindari minuman yang mengandung kopi dan soda saat berbuka atau sahur, serta hindari minuman yang terlalu manis karena hal ini akan memicu rasa haus. Jika anda ingin mengatasi sakit maag saat berpuasa, sangat bagus dan di anjurkan untuk meminum obat herbal maag jelly gamat gold g 2 sendok makan pada saat saur dan berbuka. Insya ALLAH sakit maag akan hilang dan anda bisa berpuasa tanpa merasakan sakit maag.

Berikut Tips Puasa Bagi Penderita Maag

Jika Anda penderita maag atau anda memiliki riwayat sakit maag, cobalah untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman berikut:

  1. Gorengan dan juga makanan yang terlalu asam
  2. Hindari juga makanan pedas terutama yang ada kandungan tomatnya, karena buah tomat mengandung asam yang tinggi.
  3. Minuman dan makanan yang terlalu manis
  4. Jangan makan secara berlebihan saat berbuka dan juga sahur serta jangan sampai telat saat berbuka
  5. Usahakan hindari minum kopi, minum teh dan merokok serta jangan mengkonsumsi obat-obatan yang bisa melukai dinding lambung

Berikut ini beberapa makanan yang direkomendasikan bagi anda penderita maag, makanan ini akan berguna membantu menghindari timbulnya gejala maag:

  1. Saat sahur makanlah makanan yang mengandung karbohidrat
  2. Beberapa jenis buah-buahan yang bagus untuk maag seperti pisang
  3. Konsumsi jenis kacang-kacangan seperti kacang almond
  4. Makanlah makanan dalam porsi kecil saat buka puasa

Perhatikan aspek konsumsi cairan berikut ini:

  1. Minum banyak air putih, juga konsumsi jus buah yang tidak asam saat berbuka puasa
  2. Saat sahur coba konsumsi susu putih 1 gelas karena susu dapat membantu penderita maag
  3. Tapi jika anda sudah memiliki asam lambung tinggi jangan konsumsi susu
  4. Kami tuliskan lagi agar selalu ingat agar menghindari minum kopi, minuman bersoda dan minuman asam yang dapat memperparah sakit maag Anda.

Apakah Puasa Dapat Menyebabkan Maag

Banyak pertannyaan seputar maag dan puasa, terutama penderita maag, tapi untuk yang sehatpun sering menannyakan hal seperti ini: Apakah puasa dapat memperparah sakit maag? Apakah jika saya sakit maag boleh berpuasa? Apakah orang sehat jika berpuasa akan menjadi sakit maag?

Sakit Maag Karena Gangguan Fungsional

Pada umumnya, penderita sakit maag dapat berpuasa terutama jika sakit maagnya hanya gangguan fungsional. Biasanya dengan berpuasa keluhan sakit maagnya berkurang dan merasa lebih sehat pada saat berpuasa.

Hal ini terjadi karena keluhan sakit maag yang timbul pada penderita maag fungsional akibat dari ketidak teraturan makan, konsumsi makanan camilan, seperti makanan yang berlemak, asam, dan pedas sepanjang hari, konsumsi minuman bersoda dan minum kopi, merokok dan juga faktor stres.

Selama berpuasa, penderita maag fungsional ini akan makan lebih teratur karena hanya makan dua kali dengan waktu sama setiap harinya, yaitu saat sahur dan berbuka.

Sakit Maag Karena Kelainan Organik

Adapun pada penderita maag karena kelainan organik tidak dapat melaksanakan puasa, terlebih lagi pada penderita tukak atau luka yang dalam dan cenderung terjadi perdarahan atau kanker lambung yang juga selalu berdarah.

Tapi untuk penderita tukak yang tidak terjadi pendarahan, baik di usus dua belas jari maupun di lambung selama pengobatan dapat melaksanakan ibadah puasa.

Jika anda sehat sehat saja, maka tidak akan terjadi sakit maag, malah akan lebih sehat, karena kita akan dilatih makan secara teratur dengan rentang yang sama setiap harinya juga tetap hindari makanan yang dilarang seperti yang telah kami tuliskan di atas.

Ingin Tetap Berpuasa Walau Menderita Sakit Maag?

jelly gamat untuk maagSilahkan anda baca artikel kami tentang obat maag herbal jelly gamat gold g klik disini, jelly gamat gold g adalah obat maag yang sudah terbukti manjur untuk mengatasi sakit maag, baik maag biasa, kronis atau akut sampai keluhan asam lambung tinggi yang menyebabkan luka berdarah.

Dengan mengkonsumsi jelly gamat gold g saat sahur dan berbuka puasa, insya a ALLAH keluhan sakit maag akan di atasi dan anda dapat menjalankan ibadah puasa dengan nyaman.

Ingin memesan jelly gamat gold g, silahkan anda klik yang di bawah ini:

cara pesan jelly gamat gold g

Demikian artikel kami tentang puasa bagi penderita maag, semoga bermanfaat dan semoga kita bisa melaksanakan ibadah puasa dengan tetap sehat juga di terima semua amalan kita untuk bekal kita di akherat kelak.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>